Tips Mencegah Pencuri Mengambil Ponsel Anda

5 cara cegah pencuri mengambil ponsel anda via liputan6
5 cara cegah pencuri mengambil ponsel anda via liputan6

Di zaman modern sekarang ini kebutuhan ponsel memang sangat diperlukan sekali dan sangat membantu dalam aktivitas kegiatan kita sehari-harinya. Di zaman yang sudah serba instan ini kegiatan apapun dari mulai komunikasi , transaksi , hingga pembelajaran bisa dilakukan dengan menggunakan Ponsel Pintar / smartphone.

Di Indonesia perkembangan Ponsel Pintar / Smartphone sudah tidak terbendung lagi dengan banyaknya merk – merk smartphone bermunculan di pasar Indonesia dari  mulai merk  yang sudah terkenal  di dunia semisal Apple, Samsung, Oppo, Huawei, Google Nexus hingga merk-merk dari perusahaan Cina dan tak ketinggalan juga merk-merk smartphone dari buatan Indonesia seperti EverCross, Advan, Smartfren Andromax, Polytron, Cyrus dan masih banyak merk-merk lainnya yang bisa kita temukan di Search engine.

Dengan berbagai merk-merk smartphone tersebut dengan kecanggihan dan keunggulannya masing –masing sepadan pula dengan harga yang semakin mahal dengan ukuran smartphone yang hanya seukuran genggaman tangan tesebut juga memiliki resiko untuk dicuri.

Mengutip dari laman Liputan6.com, Senin (28/11/2016) berikut adalah cara untuk mencegah pencuri mengambil ponsel anda.

5 cara cegah pencuri mengambil ponsel anda via liputan6
5 cara cegah pencuri mengambil ponsel anda via liputan6

1.Jangan Letakkan Ponsel Tanpa Pengawasan

Memang saran ini sangat umum, dan sering Anda dengar. Namun saran tersebut memiliki alasan karena benda tanpa pengawasan mudah sekali untuk diambil. Hindari kebiasaan meninggalkan ponsel Anda di meja restoran, atau tempat umum lainnya.

Juga jangan tinggalkan di dalam kendaraan yang mudah terlihat. Usahakan untuk tidak menggunakan ponsel jika dalam kendaraan umum.

Saat sedang menunggu ditempat umum pun usahakan agar tidak mengunakan ponsel Anda di tempat-tempat yang memungkinkan pencuri menjambret ponsel Anda dan kabur dengan mudah

2.Ketahui nomor IMEI ponsel anda

Dua dari tiga orang yang melaporkan ponselnya hilang tidak mengetahui nomor identifikasi unik yang ada diponsel, atau yang biasa disebut IMEI.

Untuk pengguna Android, nomor IMEI terletak pada bagian belakang baterai, sementara pada iPhone terdapat pada tutup belakang ponsel tersebut. Anda juga bisa menekan *#06# untuk sebagian ponsel. Simpan nomor IMEI tersebut untuk berjaga-jaga bila ada masalah.

3.Simpan data cadangan di penyimpanan data Online

Ponsel Anda jelas memiliki data-data penting seperti nomor teman Anda, kumpulan foto, video ataupun dokumen.

Miliki cadangan setiap hal penting dengan menyimpannya secara online lewat aplikasi seperti iCloud maupun Google Drive. Dengan begitu, apabila ponsel Anda dicuri, data-data di dalamnya masih bisa kembali pada Anda.

4.Unduh aplikasi pelacak ponsel

Ada ratusan aplikasi yang menawarkan fasilitas pelacakan ponsel. Cukup dengan mengaktifkan GPS dan masuk ke dalam akun yang digunakan pada ponsel, Anda bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk melacak ponsel bila dicuri.

Akan tetapi biasanya aplikasi ini memiliki kekurangan, yaitu aplikasi ini berhenti melakukan pelacakan apabila ponsel telah dimatikan. Jadi usahakan untuk gunakan fitur ini saat Anda menyadari dimana terakhir Anda meletakkan ponsel.

5.Gunakan perangkat handsfree

Earphone merupakan salah satu perangkat hands free yang menghindari penggunaan handphone secara langsung dari tangan Anda.

Dengan begitu, resiko kehilangan ponsel akan berkurang. Hindari menyimpan handphone ditempat yang mudah dicuri orang.

 

[ Sumber www.tekno.liputan6.com ]

Tinggalkan Balasan